Rabu, 16 November 2016

Asal Usul Dusun Cicurug





Asal  usul Dusun Cicurug masih misteri. Sampai saat ini pun kebenarannya masih misteri. Dahulu Dusun Cicurug adalah sebuah hutan dengan melimpahnya persawahan  di Dusun itu juga terdapat air terjun yang mengliri sawah-sawah disekitarnya. Dari berkah air yang mengalir jernih tersebut terselip juga sebuah cerita yang mengerikan. Diceritakan terdapat 2 orang juragan yang memiliki pesawahan yang melimpah dari penduduk yang lainnya.
Pada suatu waktu, kampung misteri ini dilanda kekeringan tetapi air terjun masih bisa mengairi sebagian pesawahan. Dikarenakan air yang bersumber dari air terjun tersebut hanya dapat mengairi sebagian pesawahan  para pemilik sawah saling berebut air untuk mengairi sawahnya masing-masing. Pada suatu Malam terjadi peristiwa dimana Juragan A membunuh  Juragan B dengan cara memenggal kepalanya. Lalu Juragan A tersebut menghampiri pemilik sawah yang lainnya dan memperlihatkan kepala Juragan B kepada mereka. Beberapa hari kemudian, pemimpin dusun dan  para penduduk setempat yang tidak menerima  perlakun juragan A yang serakah itu beramai- ramai mengunjungi  rumah juragan A dan membakar rumahnya.  
Setelah itu, akhirnya pemimpin tersebut meruntuhkan air terjun tersebut,  dan membagi menjadi beberapa jalur air yang disebut susukan( dalam Bahasa sunda)  sehingga air tersebut mengairi pesawahan dengan adil.  Jadi, kata kampung tersebut dari kata air yang berarti cai, air terjun yang berarti curug. Dahulunya kampung tersebut air terjun yang diuruntuhkan ( diurugkeun) dan dinamai kampung Cicurug sampai saat ini. Tetapi cerita kampung cicurug sampai saat ini masih belum jelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar